Arti Help Each Other

Arti Just a Minute

Hello everyone, howzit? Ketemu lagi dengan saya, Iman Prabawa. Kali ini saya mau membahas mengenai arti dari just a minute. Kebetulan saya juga menemukan frasa kata ini diucapkan di sebuah film yaitu film Modern Family. Nanti kalau saya menemukan adegan lain dimana diucapkan juga frasa kata ini, Insya Allah akan saya update lagi artikelnya ya.

Arti Just a Minute

Saya memberikan adegan di film seperti ini agar kita bisa melihat situasi dan konteks dimana sebuah kata atau sebuah frasa atau sebuah kalimat diucapkan sehingga kita bisa tahu dan bisa kita gunakan juga kalau kita menghadapi situasi yang sama.

     Baca juga: Arti Just a Sec

Dan juga dengan cara seperti ini jauh lebih mudah untuk kita mengerti arti dari sebuah kata berdasarkan konteks dimana kata atau frasa kata atau kalimat tersebut diucapkan.

Buat kalian yang bahasa Inggrisnya masih pemula sekali dan kalian bingung harus belajar dari mana, saya membuat pelajaran bahasa Inggris dari dasar sekali dan bertahap. Kalian bisa KLIK DI SINI untuk menuju ke Pelajaran Bahasa Inggris Pemula dari saya.


Yuk langsung aja kita bahas arti dari [just a minute] ini.

Arti Just a Minute

Kalau kita melihat ke penjelasan yang diberikan oleh kamus Merriam Webster mengenai arti dari just a minute ini. Kita lihat yuk ke screenshot yang ada di bawah ini.

Just a Minute Menurut Kamus
Di situ ada dua arti yang kalau langsung saja saya terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia arti yang pertama yaitu,
Digunakan untuk meminta seseorang untuk menunggu atau berhenti sebentar.
Sementara arti atau penjelasan yang kedua dari frasa kata just a minute menurut Merriam Webster yaitu,
Digunakan untuk meminta seseorang untuk berhenti atau mendengarkan.
Nah nanti kita akan melihat adegannya dan dari adegan tersebut kalian akan bisa melihat sendiri karena percakapan yang terjadi di adegan tersebut juga sudah saya terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, sehingga kalian akan bisa lebih mengerti dan memahaminya.

Just a Minute Di Adegan Film

Mari kita tonton adegan dari film Modern Family di bawah ini.


Dan percakapan yang terjadi di adegan film tersebut berikut dengan terjemahan bahasa Indonesianya adalah sebagai berikut ini.
Claire: Dylan. 
Dylan: Hey, Mrs. Dunphy. Um, I'm just waiting for Haley. (Hai, bu Dunphy. Saya lagi nungguin Haley.) 
Claire: Did you ring the bell? (Tadi kamu ngebel?) 
Dylan: I texted. She said she'd be down in just a minute. (Ngga, saya ngirim pesan ke dia. Dia bilang dia mau turun sebentar lagi.) 
Claire: Oh, great. Tell her I said "Hi." (Wah, bagus dong kalau gitu. Bilang ke dia, “Hai” ya.) 
Dylan: I will. (Oke, saya akan sampaikan.) 
Phil: Dylan!
Jadi si Dylan itu janjian sama si Haley, dan dia udah ngirim pesan ke Haley kalau dia udah ada di depan rumah dan Haley minta dia untuk nunggu sebentar karena sebentar lagi dia akan turun ke bawah. Kamarnya si Haley ada di lantai dua.

     Baca juga: Arti Street Smart dan Book Smart

Just a minute itu artinya sama dengan just a second yang biasanya disingkat ngomongnya menjadi just a sec, dan juga sama artinya dengan just a moment, yaitu artinya sama-sama "tunggu sebentar ya".

Video Penjelasan Just a Minute

Kebetulan saya sudah membuat videonya dimana saya menjelaskan mengenai arti dari just a minute. Mari kita tonton videonya di bawah ini.


Saya rasa sekian dulu. Sampai ketemu lagi dan I'll talk to you soon. Bubye now.


Referensi:
1. "Definition of JUST A MINUTE/SECOND/MOMENT". www.merriam-webster.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-09-08.

Comments