Skip to main content

Arti Shut Up

Shut up itu artinya,
Meminta orang untuk diam, tapi juga mempunyai arti yang lain yaitu menunjukkan keterkejutan.
Shut up itu kalau kita ketikkan di Google Translate hasil terjemahannya adalah seperti yang bisa kita lihat pada gambar di bawah ini.

Nah di situ tertulis arti shut up adalah,
Diam. Jadi ini merupakan perintah kepada seseorang untuk diam. Tapi tahu ngga kalau shut up juga mempunyai arti yang lain?

Di bawah ini saya sertakan beberapa adegan dari film sehingga teman-teman bisa melihat langsung situasi dan konteksnya dan saya juga akan menjelaskan percakapan yang terjadi di adegan-adegan film tersebut agar teman-teman bisa lebih mudah memahaminya.

Arti Shut Up Menurut Dictionary.com Di situ diberikan penjelasan mengenai arti shut up dan juga ada video kalau teman-teman lihat di website Dictionary ini, sebuah video yang menjelaskan arti dari frasa kata shut up.

Di situ tertulis penjelasan dari frasa kata shut up yaitu,
Shut up is a rude way to tell someone to stop talking. It can…

Bahasa Inggrisnya Ketiduran

Kebetulan saya menemukan adegan di sebuah film yang judulnya Black-sih, ini merupakan serial TV dan di situ ada adegan dimana seseorang ketiduran dan kemudian dia bertanya berapa lama dia sudah ketiduran.

Nanti di bagian bawah dari artikel ini kita akan menonton sedikit cuplikan dari adegan tersebut ya. Ini screenshotnya bisa kita lihat di bawah ini.

Bahasa Inggrisnya Ketiduran

Nah seperti itu, tapi nanti kita akan lihat sedikit cuplikan adegan yang terjadi di film tersebut ya.

Bahasa Inggrisnya Ketiduran

Saya sedikit menceritakan adegan dan situasi yang terjadi di film tersebut ya. Jadi si kakek sedang bercerita kepada cucu-cucunya dan kemudian mendadak di tengah dia bercerita dia tertidur sebentar. Mungkin karena kecapean ya karena dia sudah bercerita cukup banyak kepada cucu-cucunya.

Di situ ucapan yang dia ucapkan adalah.
How long was I out?
Yang kalau saya terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya adalah,
Berapa lama saya ketiduran?
Sebenarnya kalau diartikan secara kata per kata, artinya tidak seperti itu karena out itu artinya adalah keluar. Kalau mau diartikan secara kata per kata maka arti kalimat tersebut adalah,
Berapa lama saya sudah keluar?
Tapi karena kita bisa melihat adegan dan situasi yang terjadi di film tersebut maka kita bisa melihat bahwa yang dia maksud saat itu adalah berapa lama dia tertidur, karena cucunya membangunkan dia dan akan sangat membingungkan kalau diterjemahkan kalimat yang diucapkan si kakek itu sebagai "Berapa lama saya sudah keluar?". Jadi di sini kita melihat makna kontekstual dari kata "out" sebagai "tertidur" untuk kasus ini ya.

     Baca juga: Arti I Have a Crush On You 

Makanya memang kita perlu melihat konteks dan situasinya saat menerjemahkan dan melihat oh, mereka ini orang-orang Amerika kalau ngomong ketiduran di konteks dan situasi yang seperti itu, kalimat yang mereka keluarkan adalah seperti itu tho.

Kita tonton yuk adegannya di bawah ini.


Cucu-cucunya memanggil kakeknya di film ini dengan panggilan "Pops". Kan kalau di kita juga sering tuh ada panggilan tersendiri di dalam keluarga, ada yang memanggil kakeknya dengan kakek, ada yang memanggil dengan opa dan ada juga panggilan tersendiri dari keluarga misalnya. Nah di kasus ini si cucu-cucunya memanggil kakeknya dengan panggilan "Pops".

Percakapan yang terjadi di adegan tersebut berikut terjemahannya adalah sebagai berikut.
So, Pops' fish tale had taken a lot out of him. (Jadi, cerita-ceritanya si Kakek sudah membuat dia kelelahan.) 
Cucu: Come on, Pops! Wake up! (Ayo dong, kek! Bangun!) 
Kakek: Huh? How long was I out? (Ha? Kakek udah ketiduran berapa lama?) 
Nenek: Not long enough. (Belum terlalu lama.)
Nah kurang lebih seperti itu percakapan yang terjadi. Kebetulan saya sudah membuat video juga menjelaskan mengenai hal ini.

Video Penjelasan Bahasa Inggrisnya Ketiduran

Mari kita tonton video saya di bawah ini menjelaskan mengenai ketiduran ini.


Kalau begitu sekian dulu ya sharing dari saya ini. Semoga sharing dari saya mengenai bahasa Inggrisnya ketiduran ini bisa bermanfaat ya buat kita semua. Sampai ketemu lagi and I'll see you soon. Bubye now.

Comments