Arti Help Each Other

Bahasa Inggrisnya Ketiduran

Halo semuanya. Apa kabar? Ketemu lagi dengan saya, Iman Prabawa. Kali ini kita akan membahas apa sih Bahasa Inggrisnya ketiduran, dan seperti biasa, kita juga akan menonton cuplikan adegan dan nanti juga kalian akan melihat contoh-contoh di mana kata-kata yang artinya [ketiduran] dalam Bahasa Inggris ini diucapkan di adegan film dan contoh-contoh tersebut.

Bahasa Inggrisnya Ketiduran

Buat kalian yang bahasa Inggrisnya masih pemula sekali dan kalian bingung harus belajar dari mana, saya membuat pelajaran bahasa Inggris dari dasar sekali dan bertahap. Kalian bisa KLIK DI SINI untuk menuju ke Pelajaran Bahasa Inggris Pemula dari saya.


Kalau begitu yuk mari kita bahas apa sih Bahasa Inggrisnya ketiduran itu.

Bahasa Inggrisnya Ketiduran

Untuk Bahasa Inggrisnya ketiduran ini kebetulan saya menemukan ada seorang native English speaker di aplikasi Hello Talk, yang berasal dari Inggris, di mana dia sharing di grupnya mengenai sesuatu yang kalau kita baca dari definisinya itu bisa kita artikan sebagai [ketiduran] di dalam Bahasa Indonesia. Kebetulan saya termasuk anggota dari grup yang dia kelola di Hello Talk itu.

Mari kita baca penjelasannya pada screenshot di bawah ini.

Bahasa Inggrisnya Ketiduran

Di tulisan yang saya kotakkin merah, tertulis,
Nod off = to begin sleeping, especially not intentionally.
Yang kalau saya terjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia artinya yaitu,
Nod off = mulai tidur, khususnya tidak disengaja.
Maksud [nod off] di sini adalah [tidak sengaja tidur], yang menurut saya sama artinya dengan [ketiduran]. Kalau ketiduran kan kita ngga sengaja tidur kan? Jadi, Bahasa Inggrisnya ketiduran adalah nod off. 

Di bawahnya diberikan contoh kalimatnya yaitu,
I nodded off once or twice during the movie. (Saya ketiduran beberapa kali selama film itu diputar.)
Dari contoh kalimat ini bisa kita lihat juga bahwa memang [nod off] ini artinya ketiduran, dan di situ ditulis juga bahwa [nod off] ini informal yang artinya biasanya digunakan di percakapan keseharian atau percakapan yang di situasi tidak resmi.

Dia ini juga membuat video-video pelajaran di youtube. Saya embedkan videonya dia di bawah ini ya. Kalau kalian suka, subscribe juga di channel youtubenya dia ya.


Oke, jadi dari sini kalian sudah tahu apa itu Bahasa Inggrisnya ketiduran, dan berikutnya kita akan melihat cuplikan-cuplikan adegan dari film dan saya juga akan mengumpulkan contoh-contoh asli di mana diucapkan frasa kata [nod off] ini.

Contoh-contoh Ketiduran Di Adegan Film

Di bagian ini saya akan mengumpulkan contoh-contoh, entah itu dari adegan film atau dari komik atau dari youtube video atau dari apa pun juga di mana terdapat kata-kata yang mengandung arti [ketiduran] dalam Bahasa Indonesia agar kalian bisa melihat sendiri bagaimana penggunaan kata tersebut di dalam kalimat dan juga di kondisi seperti apa digunakan.

Contoh yang pertama adalah dari cuplikan adegan film Pirates of the Carribean, Salazar's Revenge (2017). Mari kita tonton cuplikan adegannya di bawah ini.

Kalian bisa lihat sendiri kan di cuplikan adegan di atas, pas si Henry Turner ngomong, tiba-tiba terdengar suara ngorok, dan itu suara dari si Jack Sparrow yang mendadak ketiduran. Dan di situ si Jack Sparrow berkata seperti ini,
I nodded off a bit. (Saya barusan ketiduran sebentar.)
Nah, jadi dengan seperti ini kalian bisa langsung lihat sendiri adegannya dan juga lebih mudah untuk dihafal dan dipahami kan ya dengan adanya contoh adegan seperti ini?

     Baca juga: Bahasa Inggrisnya Begadang

Contoh yang kedua, saya ambil dari film Black-ish, Season 1 Episode 24. Kita tonton yuk cuplikan adegannya di bawah ini.


Sedikit saya ceritakan adegan dan situasi yang terjadi di film tersebut ya agar kalian bisa lebih mudah untuk memahami. 

Jadi si kakek sedang bercerita kepada cucu-cucunya dan kemudian mendadak di tengah dia bercerita, dia tertidur sebentar. Mungkin karena kecapean ya karena dia sudah bercerita cukup banyak kepada cucu-cucunya.

Di situ ucapan yang dia ucapkan adalah.
How long was I out?
Yang kalau saya terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya adalah,
Berapa lama saya ketiduran?
Sebenarnya kalau diartikan secara kata per kata, artinya tidak seperti itu karena [out] itu artinya adalah [keluar]. Kalau mau diartikan secara kata per kata maka arti kalimat tersebut adalah,
Berapa lama saya sudah keluar?
Tapi karena kita bisa melihat adegan dan situasi yang terjadi di film tersebut maka kita bisa melihat bahwa yang dia maksud saat itu adalah berapa lama dia tertidur, karena cucunya membangunkan dia. 

Akan sangat membingungkan kalau kalimat tersebut diterjemahkan sebagai "Berapa lama saya sudah keluar?" Jadi di sini kita melihat makna kontekstual dari kata [out] adalah [tertidur] atau [ketiduran] untuk kasus ini.

Di film ini, cucu-cucunya memanggil kakeknya dengan panggilan "Pops". Kan kalau di kita juga sering tuh ada panggilan tersendiri di dalam keluarga, ada yang memanggil kakeknya dengan kakek, ada yang memanggil dengan opa dan ada juga panggilan tersendiri dari keluarga misalnya. Nah di kasus ini si cucu-cucunya memanggil kakeknya dengan panggilan "Pops".

     Baca juga: Bahasa Inggrisnya Mobil Mogok

Contoh yang ketiga, saya temukan diucapkan di film New Girl, Season 3 Episode 1. Mari kita tonton cuplikan adegannya di bawah ini.


Seperti yang bisa kalian lihat, si Nick di cuplikan adegan tersebut ketiduran, dan ketika dia bangun dia berkata,
I fell asleep (Aku ketiduran).
Jadi, selain [nod off], frasa kata [fell asleep] juga bisa kita gunakan untuk menyatakan kita ketiduran di dalam Bahasa Inggris. 

Kalian lihat di kalimat [how long you been driving] sebenarnya kalimat penuhnya adalah [how long have you been driving] tapi biasanya kalau di Bahasa Inggris percakapan, merupakan hal yang biasa dilakukan oleh para native English speakers untuk membuang kata-kata saat mereka berbicara seperti contohnya di kalimat ini, dia tidak mengucapkan [have] di kalimat yang dia ucapkan.

     Baca juga: Bahasa Inggrisnya Mati Lampu

Saya rasa sekian dulu sharing dari saya mengenai apa sih Bahasa Inggrisnya ketiduran dan nanti kalau menemukan lagi adegan yang lain atau contoh yang lain di mana diucapkan frasa kata dalam Bahasa Inggris yang punya arti [ketiduran], Insya Allah, artikel ini akan saya update lagi.

Terima kasih sudah membaca artikel saya, and I'll talk to you soon. Bye now. 

Comments

Post a Comment