Arti Help Each Other

Pengertian Badass

Halo semuanya, ketemu lagi dengan saya, Iman Prabawa atau Pak Guru Iman. Kali ini kita akan membahas arti kata [badass], dan seperti biasa, kita akan menonton cuplikan adegan dari film di mana diucapkan kata [badass] ini agar kalian bisa melihat sendiri bagaimana dan di situasi seperti apa kata [badass] ini diucapkan.

Pengertian Badass

Buat kalian yang bahasa Inggrisnya masih pemula sekali dan kalian bingung harus belajar dari mana, saya membuat pelajaran bahasa Inggris dari dasar sekali dan bertahap. Kalian bisa KLIK DI SINI untuk menuju ke Pelajaran Bahasa Inggris Pemula dari saya.

Kalau begitu langsung saja yuk kita bahas arti dari badass ini.

Arti Badass

Badass itu kalau diartikan secara kata per kata atau arti secara harfiahnya adalah [pantat buruk], karena [bad] itu artinya [buruk] dan [ass] itu artinya [pantat]. Tapi arti sebenarnya dari kata [badass] ini bukanlah [pantat buruk] tapi merujuk ke sesuatu atau seseorang yang kita anggap keren.

Sebenarnya saya sudah membuat artikel membahas mengenai arti badass ini, sebenarnya saya lupa kalau saya sudah pernah membuat artikel mengenai badass, dan ternyata setelah artikel ini saya terbitkan, lalu saya googling, baru saya sadar kalau saya udah pernah membuat artikel membahas mengenai arti badass ini.

Tapi ngga papa lah, mungkin bagusnya biar artikelnya ngga terlalu panjang lah, tapi artikel saya yang dulu yang membahas mengenai Arti Badass itu sepertinya secara penjelasan jauh lebih detail daripada yang ini. Mungkin artikel yang ini lebih banyak contoh-contoh yang saya ambil dari adegan filmnya. Silakan dibaca dulu aja artikel saya yang judulnya Arti Badass buat kalian yang membutuhkan penjelasan yang jauh lebih detail.

     Baca juga: Arti Badass

Di artikel yang ini, kita fokuskan aja melihat contoh-contoh cuplikan adegan dari film di mana diucapkan kata [badass] sehingga kalian bisa melihat sendiri situasinya seperti apa sehingga ketika kalian ingin menggunakan kata [badass] ini kalian tidak salah saat menggunakannya.

Saya perhatikan banyak yang salah menggunakan kosakata Bahasa Inggris ketika membuat kalimat atau ketika bercakap-cakap dikarenakan mereka hanya belajar dari buku saja, tanpa melihat situasi dan kondisi di mana diucapkan kata-kata tersebut.

Walau kalian diceritakan, tetap akan berbeda dengan kalau kalian melihat sendiri, karena budaya kita dengan budaya orang Barat itu berbeda, sehingga apa yang kita bayangkan belum tentu sama dengan kondisi yang sebenarnya.

Tapi kalau saya berikan banyak contoh cuplikan adegan dari film, maka kalian akan bisa melihat sendiri, situasi-situasi di mana diucapkan kata [badass] sehingga kalian akan bisa mengerti dan paham kapan dan di situasi yang seperti apa kalian bisa mengucapkan kata [badass].

Contoh-contoh Penggunaan Badass Di Film

Saya tidak akan memberikan contoh dalam bentuk kalimat, tapi dalam bentuk cuplikan adegan yang saya kumpulkan dari film-film di mana kata [badass] ini diucapkan sehingga kalian akan bisa mengerti dan paham di situasi seperti apa saja kalian bisa menggunakan kata [badass] ini.

Cuplikan adegan yang pertama, saya ambil dari film Jumanji, Welcome to the Jungle (2017). Mari kita tonton cuplikan adegannya di bawah ini.


Jadi, ceritanya itu lagi pelajaran olahraga dan kemudian si Martha malas-malasan untuk ikut, dan ketika si ibu gurunya meminta anak-anaknya pada latihan lempar tangkap bola basket gitu dan disuruh para berpasangan, si Martha diem aja dan ngga mau ikutan.

Baru kemudian si gurunya ngejelasin ke si Martha, eh tahunya malah si Marthe ngeluarin uneg-unegnya dan ngelawan si ibu gurunya itu. Temannya si Martha yaitu si Spencer Gilpin dan satu lagi yang saya ngga tahu namanya bengong ngelihat si Martha berani ngelawan gurunya.

Si Spencer kemudian ngeluarin kata,
Badass.
Dan perhatikan deh ketika dia ngeluarin kata-kata tersebut, matanya dia kelihatan kagum sama si cewe itu karena berani banget sama guru olahraga. Di situasi ini sebenarnya kata [badass] ini juga bisa kalian artikan sebagai [gokil, keren!] atau [sadis!] karena kagum berani banget ngelawan guru olahraga dengan ngeluarin kata-kata seperti itu. 

     Baca juga: Pengertian the Hell

Cuplikan adegan yang kedua, masih dari film yang sama yaitu Jumanji, Welcome to the Jungle (2017). Mari kita tonton cuplikan adegannya di bawah ini.


Jadi, ceritanya mereka ini dihukum untuk ngeberesin satu ruangan, tapi akhirnya mereka malah main game. Mereka nemuin game di ruangan itu, dan mereka coba untuk memainkannya. Mereka sama sekali belum pernah main game itu sebelumnya, jadi pas mereka milih pemainnya, mereka ya tebak-tebakan aja.

Kalau kita lagi milih-milih pemain gitu, dan kita baru pertama kali dan juga ngga pernah main sebelumnya kita sama sekali ngga tahu dan biasanya tebak-tebakan aja dan kadang ngelihat dari muka orangnya atau dari namanya.

Nah si Fridge ini sepertinya melihat dari namanya yang kedengaran keren, makanya kemudian dia bilang,
He sounds like a badass.
Kalau diterjemahkan ke kebiasaannya orang Indonesia, kita bisa nerjemahinnya kaya gini,
Kayanya keren ini orang.
Jadi, [badass] di konteks ini artinya adalah [keren], atau kita bisa juga terjemahin sebagai,
Kayanya ini orang mantap deh.
Cuplikan adegan yang ketiga, masih dari film yang sama, Jumanji, Welcome to the Jungle (2017). Mari kita tonton cuplikan adegannya di bawah ini.


[Badass] di adegan ini bisa diartikan sebagai [jagoan] karena memang di sini Martha yang menjelma menjadi karakter Ruby Roundhouse di game Jumanji ini adalah seorang yang jago karate.

Cuplikan adegan yang keempat, masih dari film yang sama, Jumanji, Welcome to the Jungle (2017). Mari kita tonton cuplikan adegannya di bawah ini.

Di cuplikan adegan ini si Martha diminta untuk menggoda para penjaga yang ada di gudang transportasi tapi dia ngga pede karena dia bukan cewe-cewe penggoda dan ngga ngerasa dirinya cewe-cewe yang keren dan cantik gitu. Tapi si Spencer berusaha meyakinkan Martha kalau dia itu emang cewe yang keren dan akhirnya si Martha mau berusaha ngegoda para penjaga agar mereka akhirnya bisa nyelesain game Jumanji dan kembali ke dunia nyata.

     Baca juga: Arti On the Same Page

Saya rasa sekian dulu ya untuk artikel pengertian badass ini, dan nanti kalau saya menemukan lagi cuplikan adegan dari film atau apa pun di mana diucapkan kata [badass] ini, Insya Allah akan saya update lagi artikel ini.

Kalau begitu sekian dulu sharing dari saya dan sampai ketemu lagi. Bye now.

Comments