Skip to main content

Pengertian What the Hell

Halo semuanya, ketemu lagi dengan saya, Teacher Iman. Kali ini saya mau membahas mengenai arti dari [what the hell] yang berdiri sendiri.  Kalau di artikel yang sebelumnya, saya juga sudah pernah membahas arti dari [what the hell] ini tapi artikel yang dulu itu lebih ke [the hell] yang ditambahkan ke dalam sebuah kalimat. Kalian bisa melihat juga contoh adegan dari film yang saya sertakan di artikel tersebut.      Baca juga: Arti What the Hell Nah, di artikel ini saya akan mengumpulkan adegan-adegan dari film di mana yang diucapkan hanya kalimat [what the hell] tanpa tambahan kata-kata lain.  Kalau kalian suka dengan artikel-artikel yang saya tulis di blog ini, kalian bisa support saya dengan berdonasi agar saya bisa terus berkarya dan terus menulis.  Kalau kalian mau support dengan mentraktir saya cendol, silakan klik pada gambar di bawah ini. Atau kalian juga bisa subscribe di youtube channel saya dengan mengklik  DI SINI  ya.  Kalau begitu yuk mari kita bahas. Arti Dari What the Hel

Arti Suit Up

Halo, ketemu lagi dengan saya, Iman Prabawa. Kali ini kita akan membahas arti dari phrasal verb [suit up], dan seperti biasa, kita akan menonton cuplikan adegan dari film di mana diucapkan phrasal verb [suit up] ini.

Arti Suit Up

Kalau kalian suka dengan artikel-artikel yang saya tulis di blog ini, kalian bisa support saya dengan berdonasi agar saya bisa terus berkarya dan terus menulis. 

Kalau kalian mau support dengan mentraktir saya cendol, silakan klik pada gambar di bawah ini.


Atau kalian juga bisa subscribe di youtube channel saya dengan mengklik DI SINI ya. 

     Baca juga: Arti Meet Me

Kalau begitu yuk langsung saja kita bahas arti dari suit up ini. 


Arti Suit Up

Kalau diartikan secara kata per kata [suit] itu artinya jas, dan kalau kalian mengetikkan kata [suit] di Google, kemudian kalian klik di bagian images, maka kalian akan mendapatkan gambar-gambar seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

Suit

[Up] itu artinya adalah [atas]. Kalau diartikan secara kata per kata, terjemahannya bakalan aneh yaitu,
Jas atas.
Aneh kan? Dan sebenarnya arti sebenarnya dari [suit up] itu bukanlah [jas atas]. 


Sekarang, mari kita lihat penjelasan yang diberikan oleh kamus Merriam Webster mengenai arti dari phrasal verb suit pada gambar di bawah ini.
Penjelasan Suit Up

Penjelasannya ada di kotak merah di atas, yang kalau saya terjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia artinya adalah,
Memakai seragam atau baju khusus.
Atau secara sederhananya kita bisa bilang bahwa suit up itu,
Pake baju.
Maksudnya dari [pake baju] ini misalnya kita mau ngajakin jalan teman kita, "Eh mau jalan ngga loe?" Terus teman kita ngiyain, dan kemudian kita ngomong, "Ya udah pake baju gih." Itu bukan berarti dia lagi ngga pake baju kan? Tapi maksudnya adalah [pake baju yang pantas untuk pergi].

     Baca juga: Arti I Don't Understand

Nanti kita akan lihat dari adegan yang saya ambil dari film agar kalian bisa lebih mudah mengerti dan memahaminya.

     Baca juga: Arti Call Up

Contoh kalimat pertama yang diberikan di atas, kalau saya terjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia artinya yaitu,

Para pemain sedang berganti baju/mengenakan seragam untuk pertandingan itu.

Contoh kalimat kedua yang diberikan di atas, kalau saya terjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia artinya yaitu,

Para penyelam sudah mengenakan pakaian menyelam mereka.

Berikutnya, kita akan nonton cuplikan adegan dari film di mana diucapkan phrasal verb suit up ini.


Suit Up Di Adegan Film

Berikut ini adalah cuplikan adegan dari film How I Met Your Mother, Season 1 Episode 1. Mari kita tonton cuplikan adegannya di bawah ini.


Percakapan yang terjadi di cuplikan adegan di atas beserta terjemahan Bahasa Indonesianya adalah sebagai berikut.

Ted: Hey, you want to do somethin' tonight? (Eh, loe mau ngelakuin sesuatu ngga nanti malam?)

Barney: Okay, meet me at the bar in 15 minutes. And suit up! Where's your suit? Just once, when I say suit up, I wish you'd put on a suit. (Oke, 15 menit lagi temuin gue di bar ya. Dan pake jas! Mana jas loe? Tadi itu pas gue bilang suit up, maksud gue itu loe pake jas.)

Ted: I did that one time. (Waktu itu kan gue pernah sekali.)

Barney: It was a blazer! (Waktu itu mah blazer bukan jas!)

Di adegan tersebut, si Ted nanya ke si Barney apa si Barney mau jalan nanti malam dan Barney secara ngga langsung mengiyakan dengan nyuruh si Ted nemuin dia di bar, dan setelah itu dia ngomong,
Suit up!
Maksud dia adalah pake baju yang pantas buat jalan, tapi di adegan ini maksudnya si Barney lebih spesifik lagi, yaitu dia minta si Ted untuk pake jas.

Makanya pas si Ted muncul dan dia ngga pake jas, si Barney kemudian nanya,
Where's your suit? (Mana jas loe?)
Baru kemudian dia jelasin kalau saat dia bilang [suit up] itu maksud dia adalah dia minta kalau si Ted itu pake jas. Spesifik jas yang dia minta untuk si Ted pake. Jadi, memang kita perlu lihat situasi dan kondisinya, di situasi ini si Barney secara spesifik mengartikan [suit up] sebagai [pake jas gih].

     Baca juga: Arti Swing By

Sementara di situasi yang lain, seperti contoh kalimat yang diberikan oleh kamus Merriam Webster, [suit up] itu bukan berarti harus pake jas, tapi pake seragam atau baju khusus. Contoh adegan yang di sini jelas sekali membuat kita bisa lebih paham dan mengerti.

Kalau begitu saya rasa sekian dulu sharing dari saya mengenai arti dari phrasal verb suit up ini. Kalau nanti saya menemukan lagi adegan yang lain di mana diucapkan phrasal verb suit up ini, Insya Allah akan saya update lagi artikel ini. Bye now.

Comments